BUMDes Sejahtera Desa Rekkerrek Satu Satunya di Pamekasan Yang Berbagi di Bulan Ramadhan

Infakta.com, Pamekasan, – Pemerintah Desa Rekkerrek Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan Jawa Timur kembali meluncurkan Sejumlah Program dari hasil Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sejahtera di Desa Rekkerrek. Selasa (26/4/2022).

Berdasar hasil BUMDes Sejahtera tahun 2021, Pemerintah Desa Rekkerrek kembali membuat program unggulan yang belum dilakukan oleh desa lain di Kabupaten Pamekasan, Bahkan di Madura.


Diantara program tersebut adalah Beasiswa S1 dan S2 untuk masyarakat Rekkerrek yang berprestasi. Santunan 74 anak yatim, dimana setiap Anka yatim mendapatkan Rp 600 Ribu yang dibagi menjadi dua pencairan.

Tidak hanya itu, Muazin, Guru ngaji, Kepala Madrasah, dan penyandang disabilitas juga tidak lepas dari sasaran bantuan PADes desa Rekkerrek.

Menurut Kepala Desa Rekkerrek, Moh Fadili Azis, Total pendapatan BUMDes Sejahtera pada tahun 2021 mencapai kurang lebih Rp 1.349.427.000,00

Dari pendapatan tersebut, dipotong biaya operasional dan biaya kerusakan eksavator yang mencapai kurang lebih Rp 808.000.000, Akhirnya sisa PADes desa Rekkerrek untuk tahun 2021 mencapai Rp 540.586.000.

“Semua ini akan dikembalikan kepada masyarakat berupa program yang sudah disusun oleh pemerintah desa,” Kata Fadil.

Menurut M. Hasyim selaku Sekdes Desa Rekkerrek, pembagian ini merupakan hasil pengelolaan BUMDes Sejahtera yang diperuntukkan 70 persen untuk Pendapatan Asli Desa (PADes), yakni untuk Pemerintah Desa Rekkerrek.

“Dari hasil BUMDes Sejahtera yang dibagikan hari ini kurang lebih sebesar Rp 300 juta, Kita berharap tahun depan semakin besar” katanya.

Sementara itu di lokasi yang sama, Tenaga Ahli (TA) dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Pamekasan Farman menyatakan, bahwasanya BUMdes Sejahtera Desa Rekkerrek ini merupakan salah satu BUMDes di Pamekasan yang berkembang dan transparan.

“Pendapatan BUMDes Sejahtera sangat luar biasa. Semua dilakukan dengan transparan. Ini satu satunya di Kabupaten Pamekasan,”Kata Farman dalam sambutannya.

Farman berharap BUMDes di desa lain di Pamekasan menyusul seperti BUMDes di Desa Rekkerrek.