Berita  

Dinas Pertanian Padangsidimpuan Periksa Kesehatan Hewan Qurban

INFAKTA.COM – PADANGSIDIMPUAN (SUMUT)

Padangsidimpuan.
Untuk memastikan kesehatan hewan qurban menjelang hari raya idul adha 1445 H, Dinas Pertanian Kota Padangsidimpuan melakukan pemeriksaan langsung di tiga kandang yang terletak di Desa labuan labo,Desa Tarutung baru dan Aek gareder Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Rabu (12/06/2024).


“Hari ini kita melakukan pemeriksaan kesehatan hewan qurban jenis sapi, kerbau, kambing dan domba diseluruh wilayah kota Padangsidimpuan mulai hari ini (rabu12 juni 2024) tempat – tempat penampungan”, Ujar Edi Darwan Harahap Kadis Pertanian Kota Padangsidimpuan.

Edi menjelaskan untuk hari ini Dinas Pertanian Kota Padangsidimpuan telah memberikan stempel (tanda) untuk 166 hewan kurban di 3 lokasi tersebut, yakni Desa Labuhan Labo sebanyak 76, Desa Tarutung Baru 60 dan Aek Gareder sebanyak 30 hewan kurban.

Kemudian, Ahmad Rifai selaku Kabid menambahkan bahwa pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan kesehatan (antemortem) layak tidaknya hewan tersebut dijadikan sebagai hewan qurban.

“Ciri – ciri ternak yang sehat itu seperti nafas teratur, berdiri tegak, tidak ada luka, bola mata bening dan tidak bengkak, area mulut dan bibir bersih, lidah bergerak bebas dan air liur cukup membasahi rongga mulut, Area anus bersih, Kotoran padat, Aktif bergerak, Nafsu makan baik, rambut tidak kusam, Cermin hidung basah”, ungkapnya.

Ahmad Rifai menjelaskan bahwa untuk saat ini hasil pemeriksaan dua kandang hewan ternak belum di temukan penyakit, berarti hewan qurban yang tersedia di kota Padangsidimpuan layak dan sehat, tuturnya.

“Untuk umur hewan ternak kita ketahui dari hasil pemeriksaan gigi. Jadi yang kita ketahui syarat hewan qurban meliputi, ternak sehat, cukup umur, dan tidak cacat”,¬†Jelasnya.
(HARUN)

Penulis: Redaksi infakta Kota Padangsidimpuan/Harun Hutagalung